Smadav Antivirus; Gratis dan Ampuh, Meski Kurang Populer

Nama besar Smadav, memang kurang populer, jika dibandingkan dengan Ansav dan PC-Media Antivirus (PCMAV). Tapi soal kemampuan, jangan dulu dipandang sebelah mata. Dalam pengujian laboratorium, selalu menyertakan Smadav sebagai penguji terakhir. Terutama jika berhadapan dengan varian virus lokal, terutama virus-virus buatan Visual Basic.
Virus yang lahir dari basis pemograman tertua ini, biasanya dibuat oleh anak-anak sekolah tingkatan SMU. Bisa juga para hacker pemula yang ingin unjuk gigi soal dunia programming. Hebatnya, CRC32 karya mereka (virus maker), mudah ditebak Smadav. Buat kamu yang merasa ingin lauching maha karya virus baru, silahkan test terlebih dahulu dengan Anti virus yang satu ini.

Masih seputar kemampuan Smadav. Yang menarik dari Smadav, adalah kemampuan membersihkan registry. Smadav memulihkan registry yang telah rusak akibat virus. Misalnya [folder option] yang hilang, [task manager] yang tidak dapat ditampilkan, serta [command] yang diblokir juga dapat pulih. Fitur inilah yang yang hampir tidak dimiliki antivirus lain, meskipun sekaliber antivirus ternama seperti AVG. Singkatnya dengan Smadav, virus bukan hanya dituntaskan, tapi registry windows juga (bisa) dipulihkan.

Para pengembang Smadav meng-kalim [resource] pada anti-virus ini rendah. Orientasinya agar penggunaan memori (daya) juga lebih ringan. Dengan harapan, mesin-mesin 'tua' juga masih dapat terbantu.

Motto dari Smadav juga sudah berubah-ubah. Dulunya kalau tidak salah, 'anti-virus made in Indonesia.' Mungkin kini sudah 'made in China.' Atau motto yang pernah dibuat, 'Virus lokal akan segera punah' sudah akan diganti menjadi 'Lokalisasi akan menjadi virus.' Belakangan terakhir, motto smadav yang pasti, 'antivirus USB dan proteksi tambahan.'

Meskipun begitu, ada beberapa koleksi varian trojan tertua kami, lolos dari Smadav. Mungkin di sinilah kekurangan Smadav. Meskipun ringan, portable (tanpa perlu diinstall) dan support hampir seluruh OS Windows, Tapi Smadav terblokir, ketika virus ganas sudah berjalan terlebih dahulu. Salah satu plus minus, anti virus yang tidak punya orientasi [update signature] memang tipikalnya demikian.

Dalam pengamatan kami, hingga kini Smadav beredar belum komersil. Team Smadav hanya membagi pengguna dengan free dan Pro. Untuk versi pro, diwajibkan register. Caranya dengan memberikan donasi se-ikhlasnya (berapa pun). Kami pikir hal ini masih dalam batas kewajaran. Agar Smadav dapat tetap dinikmati dan terus dapat berkembang, baik dari segi interface, fitur, maupun signature virus.

Terakhir, kami mengucapkan terimakasih kepada pengembang Smadav. Semoga selalu dapat tetap eksis dalam dalam dunia virus dan antivirus. Jadikan Smadav sebagai proteksi tambahan. Karena Smadav belum tentu ampuh.

1 Response to "Smadav Antivirus; Gratis dan Ampuh, Meski Kurang Populer"

PedasManisCinta said...

Smadav emang Top.
Saya juga sering membuat virus dng virus maker, alhasil semuanya dikenali oleh SMAdav.
saya akui kecanggihannya. Sampai sekarang SMADAV tak pernah lepas dari kompi saya .hehehehe
update terbaru versi 7.5

Salam kenal,

PedasManisCinta