Cara Sederhana Test Jaringan (Koneksi Internet)

Cara ini hanya ingin mengetahui, apakah koneksi kita ke server atau suatu target tertentu masih berjalan lancar atau tidak dengan perintah ping. Cara yang sangat mudah. Juga bisa diterapkan dengan trik ini untuk mengetes LAN atau IP target.Trik ini trik lama. Sederhana.. Jadi bagi yang sudah jago maen di "jaringan", mohon maaf, jangan ditertawakan. Just sharing only.

Memang, ada jutaan software yang bisa buat nge-ping jaringan. Tapi, cara itu bikin berat, karena membebani memori. Dengan membuat sendiri hanya 4 langkah dari perintah command prompt, secara cepat dapat diketahui status koneksi. Hanya status-nya aja. Bukan kecepatan bandwidth internet seperti dengan speedtest.net. Trik ini juga berlaku untuk Windows saja. Buat linux maniak, barsa dulu alias sabar aja dech.

» Pertama buka Notepad. [Start] [All programs] kemudian accessories [Notepad]. Jangan bilang enggak bisa.!!!

Notepad sudah ada? Yah.. kamu emang cerdas.

» Sekarang ketik kode berikut:
cd..
cd..
ping (spasi) www.detik.com (spasi) –t

* tulisan spasi ga usah diketik
» Simpan hasil notepad yang kamu ketik dalam bentuk command di [desktop]. Caranya klik [save] lalu klik [Desktop] kemudian pada [save as type] pilih [All files]. Untuk kolom [file name] berikan nama [test ping.cmd] (dieja ; test ping titik cmd). Atau sesuka kamu aja untuk memberi nama.

» Terakhir tinggal kamu klik test ping yang udah kamu buat (pada desktop) tadi.. biarkan command prompt berjalan terus, sehingga kamu bisa lihat jaringan masih terhubung atau terputus. Contohnya pada gambar ini.

Trik ini tidak melanggar hukum. Cuma nge-ping aja, bukan nerobos jaringan.. hehehe.. Kamu bisa rubah menjadi www.google.com atau situs lain yang servernya cepet diakses. Hanya kebetulan aja pake detik.com.  Alamat IP tertentu juga bisa di-coba. ketik ping [alamat ip target] -t.

Kalau dari [run] juga lebih mudah. Caranya buka [run] lalu ketik [alamat ip] -t.


Lalu, setelah di-test ke DNS server ternyata bagus (jarang putus), tapi internet tetap lambat dari biasanya, mungkin ada sebab lain. lihat 8 Penyebab Lambatnya Koneksi Internet.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Sederhana Test Jaringan (Koneksi Internet)"