Yet Another Cleaner ; Software Pembersih Multi-fungsi

Yet Another Cleaner atau YAC adalah program pembersih serbaguna untuk komputer platform Windows. YAC tidak ada hubungannya dengan YKS (Yuk Keep Smile) apalagi dengan YKS versi ramadhan (Yuk Kita Sahur). ^_^
Lisensi : Freeware (alias gretongan)
Vendor : Elex do Brasil Participações Ltda
Persyaratan : WinXP/Win8/Win10
Kik untuk men-download YAC

Software ini memang belum terlalu familiar seperti TuneUp Utilities, System Mechanic, atau CCleaner. Namun YAC seperti yang pernah saya ulas ringkas sebelumnya, secara sederhana bertujuan untuk mepercepat piranti dengan membersihkan sampah-sampah sistem operasi, sampah hasil browsing, sekaligus sebagai removal tools (penghapus virus tertentu). Atau boleh disebut software yang multi-fungsi (multi different tools).

Kemudahan yang didapat dari pengguaan YAC dengan hanya satu kali klik, antara lain:

» Melindungi browser dari ancaman berupa plug-in
» Membersihkan registry yang rusak
» Membersihkan sampah browser guna melindungi privacy
» Mempercepat komputer dengan membuang sampah yang memenuhi isi hardisk
» Sangat mudah digunakan bagi pemula, sekaligus gratis

Seperti yang telah disebut, kalau YAC sudah kompertibel dengan berbagai system operasi Windows--bahkan untuk Window 8. Tidak tanggung-tanggung McApee dan Norton juga memberikan legislasi kalau fitur program anti virus ini dikategorikan aman. Piranti lunak ini membatu sekali dalam membersihkan Flipora (malware/spyware). Sempat juga mendeteksi virut (virus lama) yang populer tahun 2008-an.

Saat artikel ini di tulis, YAC yang saya gunakan versi 3.9.21. Tampilannya benar memberi banyak kemudahan sekaligus sangat ringan dalam penggunaan memori.

Selain itu, menarik sekali cara YAC membuang Ask Toolbar (dari ask.com) pada browser. Dengan hanya membuka [Software manager] YAC merekomendasikan untuk membuangnya [Uninstall] pada sebelah kanan, sekaligus memberi rating dengan ditandai sejumlah bintang, berikut informasi lain tentunya.

Meski YAC telah meng-klaim produknya ini sudah di-download 9 juta kali, ternyata ada sedikit kekurangan. Antara lain soal "floating window." Jendela YAC yang berisi infomasi soal kecepatan koneksi bandwidth, malah merepotkan, karena muncul pada bagian bawah sebelah kanan. Karena itu, untuk mengatasinya, klik YAC pada [Setting] yang bergambar seperti gigi roda, lalu klik [Floating window]. Hilang untuk sementara.


Untuk support bahasa, YAC belum mendukung bahasa Indonesia. Kawasan Asia, baru China dan Turki saja. Atau, jika memang penggemar Team Brazil, bisa di-setting juga ke bahasa sesuai asli dari software ini.

YAC penting juga bagi kamu sebagai koleksi tambahan, karena piranti yang sering ter-koneksi dengan internet. Piranti kamu yang low-end, serta tidak terhubung dengan internet, juga support jika dipasangkan YAC. Gratis.

Artikel update : 11 Januari 2016

Berbagilah. Berbagi itu tidak rugi, karena sedekah.

15 Responses to "Yet Another Cleaner ; Software Pembersih Multi-fungsi "

Anonymous said...

Apa bisa bwat bersihin lantai, sofa, piring,dan bersihin pedagang ka-Q lima ya gan?

Unknown said...

:) hehehe

Harusanisme said...

Menurut anda, lebih bagus YAC atau Baidu PC Faster? dan jelaskan alasannya

Anonymous said...

yac aja..klo baidu gak bisa bersihin adwareoffers.

Penghuni 60 said...

saya juga pake

Anonymous said...

bersihin muka loe jg bisa kok

Anonymous said...

lumayan...

Damar Wiradana said...

Aku baru pakek nih,,, ternyata oke banget makin tambah superduper cepat windows 8.1 ku,,,

Anonymous said...

program sampah...malah banyak keluar yg gak karuan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Ini softwarenya trial, kalau mau jadi premium tapi gratis ada caranya gk bos??

Unknown said...

kog stlh aq pasang aplikasinya internet jadi lemot ya gan,,cara ngatasinya gmn ya

Unknown said...

@ Lintas Kita..
kalau baru diinstall, YAC cari koneksi internet. Dia mau update secara otomatis, versi terbaru. So, kalau sudah update, lama-lama normal lagi. Pertanyaan-nya bagus.. Nice

Anonymous said...

saya habis kena jebakan batman nih orz TwT ngebuka situs meatspin.com
udah sempet kebuka,ada lagunya juga,tapi langsung cepet-cepet saya matiin.saya takut kena virus,saya cari tau dan disuruh download YAC ini,saya dah download,tapi ada sumber yang bilang kalau YAC ga aman. yang benar yang mana ya kak? @_@

Unknown said...

Hai.. salam kenal.

YAC yang akan di-download harus dari situs aslinya. Kalau ada 'pesan-pesan' YAC ga aman, berarti udah kena treat di perangkat kamu dah parah. Jadi, ketika install file sudah terinfeksi duluan.

Baiknya donwload YAC yang sudah dikompress (zip atau rar).