Bersihkan Virus Win32 Conficker, Alman dan Sality

Sederhana saja, kedua virus ini agak sukar di basmi. Sebelum membahas Alman dan Sality, ada baiknya Win32 Conficker dahulu. Dalam pengamatan saya, worm ini mampu merusak jaringan. Entah dari mana asal threat ini menular dengan cepat. Lebih rincinya Ciri dari kinerja virus ini, antara lain:
  • Menginfesi jaringan dengan cepat. Lihat dalam skema gambar.
  • Membuat pesan error yang tidak jelas. Kadang windows explorer juga "aneh". Silahkan lihat pesan dalam gambar berikut.
  • Matinya automatic update secara otomatis.
  • Memblokir koneksi ke situs yang dipergunakan untuk Update--sebut saja AVG.
  • Windows defender (Vista) tidak mampu bekerja dengan baik.
Karena penularan yang cepat dalam jaringan, tentunya untuk mengatasi masalah virus dengan jenis seperti ini, perlu melakukan semacam "karantina" dengan memutus dari jaringan, baik intranet maupun internet. Sebab besar kemungkinan seluruh jaringan sudah mendapat gejala yang sama. Masalah ini akan tambah rumit manakala jaringan harus selalu terpasang. Kabar baiknya, jika anti virus sudah terpasang, update dengan cara manual masih ada harapan, jika update otomatis sudah terblokir. Akan tetapi jika tetap gagal, maka reaksi virus ini terhadap sistem, sudah sangat mengkronis layaknya Win32 Sality. Bahkan lebih cerdas, karena tidak tampak kerusakan sama sekali. Ada juga cara baru untuk membasmi Conficker. Ada virus komputer, pasti ada juga sang pembasmi kan'..

Sality adalah worm yang sangat menyebalkan. Selain memenuhi isi hardisk, virus ini juga meninfeksi software lain (*.exe) yang belum di kompres (zip). Sementara untuk virus Alman, cara mengatasinya dengan menggunakan Alman remover. Ciri yang paling jelas dari gejala virus Alman dengan muncunya boot.exe. Tools Alman remover buatan AVG yang berdiri sendiri (portable). Sifatnya ringan dan tidak membebani memory komputer. 

Solusi lain, tetap menggunakan jaringan dengan menambah komputer baru yang benar-benar sehat. Lalu pastikan semua keamanan terkontrol dengan memasang firewall di komputer baru. Kemudian dengan bantuan AVG versi Network Edition, jaringan dihubungkan kembali dan melanjutkan proses scanning network dengan Anti virus tadi. Sebagai pelengkap, gunakan Anti virus lokal semacam PCMAV 2.0 dan Norman. 

Jika Anda mengalami kesulitan, silahkan tanyakan dengan mengisi pada bagian komentar. Dengan senang hati Saya akan membantu Anda.

Related

Virus dan Anti Virus 79654114590270709

Post a Comment

17 comments

Linda said...

Pembuat virus memang selalu selangkah lebih maju. I Hate Virusss...

IBNE HANIF said...

It looks as if u r sharing useful knowledge but problem with me is that i can't understand Indonasian.
But there is a word wich all of us understand and that is:

Assalamu alaikum !

Emilia SP said...

terima kasih postingan nya sangat bermanfaat, kalo udah kena virus memang repot

Admin said...

Emilia... saya berusaha untuk memberikan kontribusi berupa solusi dari penanganan virus. Meski kecil dan sedikit, tapi setidaknya dapat memmbantu. Kita semua benci virus dan para pembuatnya. Tapi membencinya saja, belum tentu menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Terimakasih telah berkunjung ke blog-ku ini. Salam persahabatan.

Anonymous said...

komputer ku terkena w32.conficker-26 terdeteksi pake ansav tapi gak mau ilang tu virus. gmana ya cara ngilanginnya???

Admin said...

Untuk membasmi virus win32 Conficker, silahkan baca kembali artikel ini. Aku nulis panjang dech tentang Virus ini. Makasih dah kirim komentar. Salam persahabatan.

Damian said...

wew satu2nya jalan yang benar2 ampuh ya dengan menginstall ulang .... soalnya jika sudah terinfeksi kita ga tau perintah exe mana yang telah kena. dan biasanya antivirus (ansav) menghapus otomatis file2 yang terinfeksi.....

setelah install ulang kompress semua file penting anda

Anonymous said...

akh tidak ampuh tuch

Anonymous said...

hah... udah dicoba semua tetep aja nggak bisa. walaupun udah make SMAD.AV versi terbaru (Cinta produk Indonesia) digabung sama removal, trus repair registry sama registry mechanic. T_T tetep aja tuh virus nongol lagi bae

Anonymous said...

mo nanya nih bro, si alman udh di clean up sm rmalman buat di drive c, d, sama portable drive f, tiba2 off sendiri, diulang tetep yg laen clean cmn satu drive lg yg blom di G, di scan pake Smadav msh ad di G, cmn ga bs delete cmn scan aj, pertanyaannya apa bisa rmalman buat selected drive? gmn caranya klo bs, atau kalo ada yg buat seleted drive apaan? ditunggu bro jawabannya di email, TY

vien

ervin_waste@yahoo.com

Badru Zaman said...

Tidak semua virus dapat dibantai SMADAV. Dengan begitu, kita butuh beberapa anti virus cadangan lain. Alman remover, ampuh untuk membersihkan memory dan tiap drive. Sayangnya...biang virus belum tentu tertumpas. Biasanya tetap muncul di system volume information dan recycle. kamu bisa membuang semua file sampah di kedua tempat ini. Jangan lupa, matikan system restore sebelum menscan, agar virus tidak kembali. Terimakasih masukkannya.

waffen ss said...

saya juga kena virus tersebut
di task manager > aplication ada angka 8
di > proces keliatan syre32,scdll,nscvc32,scdll32,

Badru Zaman said...

matikan system restore. matikan sistem proses yang aneh2 itu dengan; hijack this, the killer machine, atau smadav proses, lalu bersihkan.

badru zaman said...

hai.. we are sorry.. But this only Indonesian language.. Thanks 4 visiting. and you get backlink with best quality of backlink if you leave comment and link here

badru zaman said...

namanya juga usaha. Kalo ditempat ane, ampuh bin manjur. mungkin di tempat ente udah ada virus gatel-gatel kali.... makasih dah koment yach. Ini kritik yang membuat riset ini jadi lebih maju. Salah persahabatan

badru zaman said...

Iya nih Lin.. ada pembuat, juga ada pembasmi. Ada orang jahat, pasti yang baik masih tersisa. Gimana program afiliasi kamu. Dah dua tahun ga pernah update postingannya.. padahal aku kagum lho sama kamu.. thanks komentarnya yach

badru zaman said...

Hehehe.. bisa juga tuh idenya. Tapi.. aku beda dikit ga papa kan.. ? soalnya, kalo install ulang, hanya drive C: aja yang bersih. Drive lain gimana, tuh.. Makasih komennya ya Demian. Sukses

Hot in week

Behind The Machine

Badru Zaman, Lahir di Jakarta. Pernah kuliah dan tinggal lama di Jogjakarta. Blog membahas macem-macem yang isinya 100% buatan sendiri dibantu Google. Terima kasih telah silaturahmi ke blog kami.

Thanks for Visiting

Selamat datang di blog kami yang sederhana dengan tampilan baru. Tampilan yang terinspirasi dari majalah-majalah. Karena visi dan misi jurnalis majalah yang senada dengan kami. Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang diberikan demi kemajuan blog ini. Salam sukes.

CATATAN REDAKSI

Keunggulan template yang digunakan pada blog ini, sebagai berikut;

[1] Pembaca langsung bisa nge-print pada area (main) artikel, dengan meng-klik gambar print pada kanan atas artikel.
[2] Dapat men-share artikel dengan dukungan Facebook, Twitter, dll. Ini karena ter-integrasi dengan'Add this.'
[3] Halaman dibuka lebih cepat, karena teknologi HTML5 yang menyimpan pada storage media (sementara).
[4] Ukuran font sangat enak dibaca, juga sangat jelas. Ada tombol pada kanan atas [A-] untuk memperkecil huruf, dan sebaliknya [A+] untuk mempermudah penglihatan.
[5] Fleksibel pada Nokia, iPad, tablet, smartphone, PC, notebook, dengan resolusi penyesuaian yang seimbang serta bisa diatur.
[6]Artikel sudah terjadwal. Untuk beberapa bulan lagi, masih terus update, meski penulisnya sedang liburan ke Himalaya. :)

Selamat membaca.

CONNECT US


Hitstat Widget

Site Meter

Powered by

Follow by Email

= Balik lagi ke atas =
item