Software Modeling: Google Sketchup Pro 8

Google Sketchup Pro 8 lebih dari sekedar 3D modeling software. Ini karena fitur dalam software yang menyediakan konten lebih komplit. Seperti ragam dimensi ukuran, detail warna hampir dapat terealisasi.

Selama ini untuk urusan dimensi, AutoCad sudah bertengger di papan atas. Apalagi AotuCad 2010 sudah tiba. Hampir semua arsitek mampu mengoperasikannya. Akan tetapi dalam pewarnaan dan pengoperasian, masih terasa rumit.

Berbeda dengan Google SketchUp. Dalam pewarnaan, kesulitan designer untuk menentukan warna asli atau warna terdekat dengan model dapat diatasi dengan mudah. Caranya dengan memilih gambar texture model, yang diambil dari photo, atau hasil scan gambar. Sehingga warna yang asli lebih realistik. Sebut saja kesulitan dalam hal ini, terkait soal tekstur serat kayu (alur minyak kayu). Google SketchUp sudah menyediakan motif tekstur warna kayu, meski jumlahnya sedikit. Selain kayu, ada tekstur lantai, air, transparant, metal dan lain-lain.

Selain warna, Google Sketchup juga simple. Bagi para designer yang sudah terbiasa dengan Adobe PhotoShop dan CorelDraw, software hampir mirip dalam pengoperasian. Yang paling penting, tidak terlalu memangkas ram komputer. Meskipun pihak pembuat, menyarankan untuk penggunaan 2 GHz keatas, namun penulis tidak merasa kesulitan dengan memory komputer berkapasitas 1 GHz.

Penulis terobsesi, manakala hasil design modeling yang dapat di-upload dalam Google 3D Warehouse. Apalagi di tempat yang sama, ada designer hebat yang penulis temui karyanya termasuk dalam 147 idola, berasal dari negeri kita sendiri. Nama nicknya Siswantono. Dia meluapkan kecintaan terhadap negeri, dengan menggambar Candi Borobudur di Magelang versi 3D.

Google Sketchup yang didapat dari Google, tampil dalam vesri percobaan (trial). Versi ini hanya berisi pengguaan dengan warna yang sangat sedikit. Namun jika kamu sudah membelinya, maka mendapatkan nilai lebih. Salah satunya dilengkapi dengan versi lain seperti layout dan StyleBuilder. Google Sketchup 8 Pro (3 In One Pack).

Berdasarkan beberapa kali percobaan, sofware yang satu ini mesti di-install secara online. Jika tidak, ada beberapa fitur yang kurang. Bahkan dapat menemui kegagalan. Dalam proses otentifikasi, SketchUp menerapkan username, lalu serial number, dan nomor otentifikasi. Apalagi pada pengoperasian awal meski memasukkan company kamu. Jadi, software ini sulit beroperasi jika hanya memiliki serial number saja.

Saya (pengembang blog ini) keranjingan dengan software 3D yang satu ini.. Hampir 2 minggu lebih saya tidak tidur malam. karena terlena dengan software ini. Bagaimana dengan kamu. Berani mencoba?

Contoh hasil karya ada saya ada di sini.

12 Responses to "Software Modeling: Google Sketchup Pro 8"

Yiehaa said...

Pertamax...! Zaman muantaps infonya. Dapat ide segar dari mana ajasih buat posting??? ^_^

Unknown said...

Yieeeeha ada template yang mirip Yaaahhhooo!

Anonymous said...

Google Sketchup emang Oche punya.. Apalagi kalau ditambah dengan render machine. Sayangnya render machine yang saya pakai, V-Ray, gak cocok untuk SKP Pro 7 karena memang belum ada versi untuk SKP Pro 7

Anonymous said...

om sketchup pro 7 ada yg punya serial numberny ga? thx
email ke edoth_azzuri@hotmail.com yaa

|z|y|x| pedals said...

v-ray untuk sketchup 6 bisa diinstal untuk sketchup 7, perhatikan tahapan instalnya, ketika nanya mau diinstal dimana, tujukan ke folder sketchup 7 di program file

Unknown said...

Emang sketchup program 3d modelling yg handal. Biarpun ga secanggih CAD atau MAX. Btw... ini ada link 3d bangunan yang ada di Indonesia. http://sketchup.google.com/3dwarehouse/cldetails?mid=833f8f17e0c962264f4efc8bc13036ca&prevstart=12.Regards

Anonymous said...

om kirimin serial numbernya donk.. ke fujisan20@ymail.com

Anonymous said...

tolong donk siapapun yang punya serial no.vray utk sketchup pro 7 kirim ke email putrawijaya13@gmail.com thks

Anonymous said...

good u'r article, Thanks..

Anonymous said...

Brow.. ini keygen untuk Google SketchUp Pro 8.0.4811 download di
jangan lup[a baca instruksinya langkah demi langkah pada "Installation Instructions Keygen" dalam file TXT.


sedot sedotttttt (hapus tanda *)

http://fre*e-uploa*ding.com/ixncxbxgj13y/Google_SketchUp_Pro_8.0.4811_keygen.zip.html

Unknown said...

bagus juga koleksi ente.. belajar dong..

ane punya di

http://sketchup.google.com/3dwarehouse/data/entities?q=badru+zaman&scoring=p&max-results=100

WEWE said...

Lo donlot aja keygen untuk v skethcup 8 di 4 Shared. g ad serial numbernya. gunain keygen.. dodol

http://www.4sh*ared.co*m/zip/xkoz7iunce/Google_SketchUp_Pro_804811_key.html