Honda CB150 R; Motor Impian “Si Abang”

Saya dan abang saya, lahir pada bulan yang sama. Cuma beda satu tahun. Jadi wajar kalau kita kadang pada hal-hal tertentu punya selera yang hampir sama. Ketika bulan Juli tahun ini, "bebek hijau" saya pindahin dari ibu-ibu tetangga sebelah ke rumah, abang saya jadi mulai sering melamun. Katanya dia pengen beli motor laki, wajib irit, dan udeh pake teknologi baru. Saya sempet mikir, kalau juga mau beli motor yang kelas 110 CC juga.

Bukan teknisi bukan juga kolektor. Saya tidak terlalu paham dengan teknologi mesin motor. Denger istilah DOHC yang katanya nempel pada mesin CB150 R, kesannya seperti mesin mobil "yang dipaksa" pada motor. Tapi setelah dia bilang punya rotasi hingga 6 (1-N-2-3-4-5-6), saya langsung terbayang kalau motor ini pasti motor laki. Motor buat anak muda yang “masih muda.” Dia bukan mau beli mobil.

Hampir mirip ? (cuma peleknya aja)

Tambah penasaran, pas dia nyebutin naksir CB150 R Streetfire. Saya pikir, dia kok ingin beli motor zaman engkong saya dulu, Honda CB (mungkin variannya). Motor yang rame pada era orde lama. Tapi dia ngotot, kalau motor CB150 R, baru tren tahun-tahun ini. Temen-temen kantornya, juga udeh banyak yang make. Motor yang katanya juga irit, karena sudah pake teknologi injeksi. Soal irit, menjadi syarat mutlak buat kami orang Jakarta, yang di daerah mana pun, pasti akrab dengan macet.

"Si Hijau" yang bersih dan terawat 

Seminggu kemudian, saya jalan bareng ke dealer yang ada ada di Cakung. Ternyata motor itu harus indent alias taruh uang panjar, 2 minggu lagi "Si motor laki" akan dikirim. Gigit jari. Kami hanya pulang bawa brosur-brosur yang modelnya emang rada garang. Jujur, pertama saya kaget, kalau ternyata CB150 R itu milik Honda. Honda biasanya punya batok lampu yang gitu-gitu aja. Beda banget dengan CB150 R yang unik dan punya “aroma motor balap.”  Kedua, soal irit. Setahu saya, CC motor besar, sudah pasti minum bahan bakar yang juga “rada rakus”. Tapi, karena juga produk dari Honda, pasti udah alami uji riset yang ketat. Insinyur-insinyur Honda sudah sering "dipaksa berfikir keras," kalau “Honda harus tetap wajib irit.”

Di rumah, kami sempat kurang sepaham. Buat saya yang ekonominya pas-pasan, motor yang bukan injeksi, kalo rusak, tinggal serahin ke bengkel pinggir jalan yang modalnya cuma obeng sama palu. Tapi karena dia hobi nonton MotoGP, jadi wajib yang speed-nya rada gahar, tampilan harus rada sangar.

Esok hari, mobil dealer bawa CB150 R Streetfire berhenti di depan rumah. Kaget, yang keluar dari sebelah sopir ternyata abang saya. Motor diturunkan. Katanya dia dari dealer Mangga Dua.  Liat wujud asli, saya geleng-geleng. Ternyata Honda banget. Kirain punya pabrikan tetangga sebelah. Idealisme saya runtuh. Jadi naksir mau nyoba. Karena tubuh saya yang kecil dan imut, jadi lebih seneng punya sendiri aja.

Akhirnya, suatu hari kami test bareng. Sesuai panduan, dia wajib “minum" Petramax. Kalo saya, tentu boleh “minum bensin eceran” pinggir jalan. Karena hari sudah sore, kita bawa pada kecepatan rata-rata 40 KM/Jam. Bolak balik, dengan modal sama-sama 1 liter bahan bakar (tapi beda jenis), kira-kira jarak 6 KM. Sampai di rumah, Petramax masih ada sedikit. Saya masih dibuat terheran-heran. Tapi dia kurang puas, speed kami cuma pas buat tukang ojek yang lagi nganter penumpang, katanya. Motor laki, harus jalan seperti “lelaki.”

Yah.. begitulah. Wajar kalau sama lelaki rada beda sedikit soal selera. Abang saya temukan kendaraan impian 150 CC. Pembaca juga pasti punya “Abang” yang barangkali punya impiannya sama.

Yang punya lagi jelasin soal "advance"
Spesial thanks ; Buat adek iparku yang banyak bantu dan mau bersabar soal "Si Hijau" ini. Buat pembaca budiman, terima kasih sudah berkunjung, mohon bantu share-ya...

10 Responses to "Honda CB150 R; Motor Impian “Si Abang” "

Unknown said...

Mangstap postingannya , semoga menang bro

komen balik ya http://martunisakbarhalik.blogspot.com/2013/12/si-motor-canggih-irit-dan-advance.html

Nurtanio Ramadhan said...

Salam kenal. :)
Mantap Artikelnya Sukses selalu ya..

Saya juga ikutan :) Kunjungi, beri sarannya ya supaya ada semangat lebih. Terima Kasih
http://nurtanio24.blogspot.com/2013/12/honda-power-of-dreams-cb150r-streetfire.html

Anonymous said...

menarik nih tulisannya.. mampir balik kemari ya
http://mhdharis.wordpress.com/2013/12/15/honda-cb150r-streetfire-berawal-dari-mimpi-hingga-berhasil-dimiliki/
salam kenal

Unknown said...

Tambah penasaran, pas dia nyebutin naksir CB150 R Streetfire. Saya pikir, dia kok ingin beli motor zaman engkong saya dulu,,hahahaha keren banget brow,,,
jangn lupa kunjung balik ea

http://miftakhulkhoirie.blogspot.com/2013/12/honda-cb150r-gaul-lincah-irit22_12.html

Tri Hartanto said...

Salam kenal.
Mantap Artikelnya Sukses selalu ya..

Saya juga ikutan, mampir dong http://cindagadakara.blogspot.com/2013/12/motor-canggih-irit-dan-advance-pasti.html

Thanks

Unknown said...

Blog ente mantep juga. Rame. Tapi ga bisa kebuke smua halamannya. Kebanyakan gambar gede2. Bandwidth ane lemot brooowww.. maaf maaf ya

Halim Pratama Azwir said...

Mantap, artikel yang bagus,
mampir ke blog ku ya
Follow dan Komentar =))
Dan baca juga :

http://halim-pratama.blogspot.com/2013/12/honda-cb150r-streetfire-motor-4-sehat-5.html

Salam kenal ya

REST AREA said...

:)) simple keren, dan menarik di simak, and menambah inspirasi sob..

my link: Honda CB150R Streetfire : Motor Canggih, Irit dan Advance

SMP AL-ABROR said...

Tulisan dalam setiap paraghraf mengandung nilai rasa penasaran kisah berikutnya,hingga membuat pembaca penasaran.good

Unknown said...

Ente bisa aje bos... blog ente bagus juga kate-katenye. Ente penulis ye..