5 Langkah Bersihkan Virus Ramnit

Ada teman yang bilang, “komputer tanpa virus, sama saja seperti malam tanpa pujaan hati.” Rupanya teman tersebut sudah frustasi dibuat pusing ulah Ramnit. Jadi, dia seakan mencintai virus, layaknya kekasihnya. Dari A-Z, nama varian Ramnit “sudah melangit” dan “betah” di notebooknya. Semua pekerjaannya menjadi terganggu. Jika terus disepelekan, virus apapun, akan mudah merusak piranti—terutama pada bagian storage seperti hardisk. Jaringan juga akan melambat. Walau, memang seharusnya kita tidak perlu terlalu phobia dengan kehadiran virus. Namun, apa salahnya kalau bisa kita bersihkan, piranti akan lebih terjaga dan berumur lebih panjang (awet).

Setelah browsing-browsing, ternyata aksi saya untuk menangkal Ramnit yang banyak ditulis blogger, kurang efektif. Ramnit kembali bertahta dan bergentayangan, meskipun beragam jurus sudah keluar. Jadi, saya sarankan, langkah untuk membasmi virus Ramnit, kenali dulu variannya. Ramnit dan variannya, memang termasuk kategori virus. Namun, dalam pengujian saya, kinerjanya mirip dengan worm. Ada Ramnit, yang menginfeski file (*.html) dan ada pula yang lebih suka menghilangkan folder-folder pada perangkat flashdisk. Ramnit yang saya bahas, type Ramnit.A dan Ramnit.D. Ada pun saudara-saudara Ramnit dengan tipe lain, dapat ditanyakan ke Bang Zainudin Nafarin (Smadav), atau bisa juga ikut  diskusi ke forumnya.

Software yang digunakan untuk membantu pembersihan kali ini, dengan Ramnit cleaner besutan PC Media. Namanya PC Express :: Special Cleaner for Ramnit. Silahkan kunjungi web PC Media untuk mendapatkan tools berguna ini dengan nama RammitKiller.zip


Langkah pembersihannya sebagai berikut:

  • Pertama, Putuskan koneksi. Matikan dahulu koneksi internet. Lepas modem, dan cabut terlebih dahulu kabel jaringan.
  • Kedua. Pada kemunculan windows pertama kali dihidupkan, jalankan Smadav. Lihat apakah “iexplore.exe” atau “firefox.exe” sudah ikut berjalan pada list proses manager. Matikan dengan mengklik action -> Kill. Jika tidak memakai Smadav, maka buka saja “Windows task manager” dengan mengklik “end proses.” 


  • Ketiga, bersihkan Ramnit dengan Anti virus. Jalankan anti virus yang kamu punya. Apa pun, nama anti virusnya. Lakukan scanning hingga tuntas.
  • Keempat,  bersihkan dengan RamnitKiller dari PC Media. Setelah selesai, jangan dulu di-restart.
  • Kelima, pemeriksaan. Buka C:\WINDOWS\pss. lalu, buka C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup. Apakah masih “file yang aneh.” Ramnit biasanya selalu muncul ditempat ini. Lakukan restart dan ulangi langkah-langkah tadi.
Selamat mencoba! Ditunggu tanggapannya.           

Download RamnitKiller - 4Shared Klik Disini

2 Responses to "5 Langkah Bersihkan Virus Ramnit"

Novi said...

hai, mo nanya nieh Gimana cara internetan di Handphone Smartfren andromax U le dengan menggunakan kabel data yang dicolok pada PC (sementara PC menggunakan speedy untuk internetan)? Share y tutorialnya sampai tuntas tas tas...soalnya belum tau caranya. trus kenapa y Handphone aku tuh klo dicolok ke PC MMC nya gak terdeteksi sm PC ? thx before.

Unknown said...

Hai juga. terima kasih sudah berkunjung. Mohon sabar soal artikel yang tuntas tas tas kayak iklan obat dateng bulan itu. Nah, soal MMC yang ga bisa terdeteksi, coba colokkan lewat belakang PC. Atau rubah dahulu tipe koneksi menjadi "data" pada tipe sambungan yang terdapat pada settingan handpone.