Komputer Rakitan Versus Komputer Built Up

Komputer atau bahasa kerennya PC, saat agan mau membeli, pasti akan banyak pertimbangan. Salah satunya, apakah mau beli dengan cara merakit sendiri (DIY – do it your), atau beli yang built up (buatan pabrik). Bagi ane, semua itu tergantung kebutuhan dan uang di kantong. Kalau punya dana lebih, dan hanya kebutuhan yang “ngak macem-macem” ane pilih PC built up.

Memang, kalau dari segi ke-stabilan dan kemampuan, PC built up termasuk sudah terlalu standar. Kalau kita berniat upgrade, rada sukar, karena ada beberapa item yang kalau dituker-tuker, belum tentu cocok. Tapi, kalau dari segi daya tahan, PC built up rata-rata lebih tahan lama. Hal ini karena pilihan motherboard mereka yang tergolong tangguh. Selain itu, power supply mereka juga udah diteliti dengan uji standar yang ketat alias lulus QC.

Ane sendiri sekarang pakai komputer built up. Beli dari tukang loak, seharga 2 bungkus rokok aja.. hehehe (dasar rezeki). Teknologinya udeh 10 tahun yang lalu. Tapi daya listriknya irit banget. Nggak heran, kalau di kantor-kantor, juga rata-rata pakai built up semua.


Tapi jangan salah gan. Denger-denger, Samsung dan HP—serta beberapa merek lain, sudah meninggalkan bisnis untuk memproduksi PC built up. Jadi, kalau beli PC pabrikan dari dua brand ini, sudah jadi barang langka. Spare part dan driver pasti susah dicari dong…

Ane sendiri nyari driver sound Samsung, muter-muter keliling kampung nggak ketemu juga. Nasib. Akhirnya, bongkar2 server orang yang ada di kampungnya si Samsung (Korea) dulu dech..

Kembali ke selera dan keuangan ente aja dech gan. Jadi, ane simpulkan antara PC rakitan vs PC built up, sebagai berikut :

PC Rakitan :
+ Bisa upgrade (tergantung spec)
+ Lebih murah
- Kurang stabil
- Kurang hemat Listrik

Built up :
+ Stabil
+ Dukungan servis
+ Lulus QC pabrikan
+ Tinggal pakai
- Harga PC dibundle denga OS ori
- Mahal (bayar pajak sana-sini)
- susah upgrade (harus teliti dan jeli)

Sumber :

3 Responses to "Komputer Rakitan Versus Komputer Built Up"

rukan said...

aku suka gaya lho gan,,hikkkkk. bahasa anak alay, hanya berusaha mengikuti

Unknown said...

Hehehe.. biar lebih sederhana aja kalo dibacanya. Thanks ya.. dah mampir..

Jual Komputer Gaming Murah said...

hihi, lebih enak pakai yang rakitan gan, lebih hemat dan bisa sesuai dengan keinginan kita :D Kunbal ya gan Jual Komputer Rakitan Gaming