8 Penyebab Lambatnya Koneksi Internet

Seperti banyak keluhan para netter, kamu juga mungkin kesal, mengapa koneksi internet makin melambat, berbeda dengan waktu pertama kali merasakan dahulu.

Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini. Berikut ini analisa berbagai kemungkinan yang menyebabkan mengapa hal ini bisa terjadi. Antara lain :
  1. PC kamu memang lambat. Koneksi internet jelas terpengaruh oleh lambatnya komputer. Semakin sehat hardisk, prosesor yang tangguh, motherboard yang stabil akan membuat browsing semakin lancar. Secara default, jika komputer kamu sudah "payah" saat membuka browser sebelum terkoneksi internet, apalagi kalau sudah terhubung. Pasti jalannya koneksi sudah mirip "semut." 
  2. Virus. Virus jelas dapat memperlambat bandwidth kamu. Belum lama Saya "nyasar" membuka situs yang berbau pornografi. Ternyata situs yang berbau hal-hal yang "begituan" memang banyak mengadung virus, spam, mallware, dan lain-lain yang berbahaya. Untung saja pertahanan cukup tangguh. Jika tidak RAM akan terbebani oleh ganasnya virus yang menjadikan koneksi internet terputus-putus. 
  3. Cuaca. Cuaca buruk—misalnya hujan deras, akan mengganggu jalannya koneksi data dan sinyal internet. Hal ini disebabkan, data yang diterima dari sumber (misalnya ISP) akan terhambat ke perangkat kamu. Sehingga sumber koneksi harus mengulang beberapa kali. 
  4. Overload Traffic. Penuhnya lalu lintas data membuat switch, router, atau access point menjadi "bingung". Tabrakan data-pun terjadi. Cobalah kamu gunakan internet pada jam disaat semua orang sedang istirahat. Misalnya antara jam 9 malam sampai jam 6 pagi. 
  5. Menumpuknya Sampah browser. Chace, browsing history, download history, cookies semua tersimpan dalam dalam browser. Sampah-sampah ini silahkan dihapus. Jika pengguna Mozilla : [Tools] [clear private data] [clear private data now]. Jika Opera : [Tools] [delete private data] [delete]. Jika hanya Internet explorer [Tools] [Internet Options] [delete cookies] [clear history]. Ada tweaking tools seperti; CCleaner, TuneUp Utilities yang mudah untuk membersihkan dalam sekejap. 
  6. Kabel longgar (sambungan). Baiknya kamu periksa kabel modem atau kabel LAN yang terhubung dengan piranti kamu. Apakah kabel-kabel tersebut sudah tua, terjepit, atau malah terlipat. Ujung modem USB yang sering dicabut-pasang, juga akan membuat koneksi melambat dan sering putus. 
  7. Beloknya Antenna. Koneksi wireless sebaiknya harus LOS—Line of sign (searah). Antena yang berbelok akan menjauhkan sinyal kamu dari sumber internet. Sama seperti televisi yang arahnya juga harus tepat. Ada baiknya posisi antenna milik kamu minimal 18 Meter dari tanah, jika menggunakan wireless. 
  8. IP Conflict. Jika kamu pengguna jasa hotspot atau warnet, sering kali IP conflict terlihat pada bagian bawah taskbar. Hal ini disebabkan banyaknya pemakai atau sedikitnya DHCP yang di-share. Mohon konfirmasi kepada operator, barangkali ada yang "sengaja" membentrokkan IP agar dapat "merampok" bandwidth kamu.

27 Responses to "8 Penyebab Lambatnya Koneksi Internet"

"Zazha Say" said...

"sengaja" membentrokkan IP agar dapat "merampok" bandwidth Anda..mas maksudnya apa?cos kmren wktu psng speedy office nett ku kuenceng amat trus beberapa hari ini kok jd lelet..ku lihat traficnya gak macet2 amat..plis help me??

Unknown said...

speedy mang lagi lambat nbak...Aq juga pake spedy... maksud membentrokkan IP adalah adnya user laen yang bikin IP-nya adi banyak..Akhirnya siapa yang sinyalnya agak jauh dari ISP terganggu. Ini ulah dari hacker spesialis wireless. Tapi kalo minggu ini layanan speedy mang sering putus dan lambat.. Aku ikut Speedy Pusat SeMaranG

Anonymous said...

saya pengguna speedy paket load 512mbs unlimited...
saya mau tanya apa bisa di share kebeberapa PC?
trus apa saja sich yg menyebabkan putusnya koneksi... koneksi speedy sering putus dan baru nyambung lagi jam 18.00 ke-atas?

Unknown said...

ke beberapa PC boleh ga terbatas tuh...tapi kalo boleh ngasih saran max 3 aja yach...lagian kan s*edy lagi ga stabil dari ISP-nya. silahkan coba layangkan surat kompalin.

Irfan said...

nice info bro, tadi ane blog walking nyari2 tentang ini... ternyata daat di blog ente..
monggo mampi di blog sederhana ane ya?
Terus menulis!!
www.fansmania.wordpress.com

mempercepat koneksi internet starone | flexi | three | axis | smart | mobi | im2 | xl | esia | speedy | telkomflash | 3 | im3 said...

kalo server gimana bos ?

biannero said...

assss

biannero said...

bang admin gue mau curhat nich...(karna gue ga tau lagi dimana tempat blog curhat :P )
begini bang: awalnya gue make speedy unlimitit.. 4 bln pertama ga ada masalah..tp untuk seterusnya bermasalah...sampe 9 bulan...akhirnya gue pindah ke AHA (esia)ini juga awalnya wah banget..buat download film bioskop dimalam hari speed 80 kb/s sampe 160 kb/s..siangnya speed 40kb/s sampe 80kb/s..itu itu bertahan cuman 20 hari..(ini hari yg ke 25 aku pake AHA)sekarang ini gue lagi donwload film bioskop speed di bawah 15kb/s drastis banget turun speednya..knapa bisa begitu bang..apa benar ada yg merampok jaringan internet? apa ada masalah lain yg bikin jaringan internet gue jadi drop??
tolong bang kasih infonya(sekarang ini gue mau mencoba info dari no 5 yaitu menghapus sampah dari opera)
terima kasih yach bang admin semoga makin sukses dan makin bertambah ilmu"nya ^^ ..

CHANDRA said...

mau tanya bro..laptop ku ko cpu proses nya 100% mulu yah..terus kalo buat ngenet jadi lola...gimana cara ngatasinya yah bro..mohon bantuanya...

Kiprana said...

Mas.. saya pake paket speddy famili tapi koq lambat ya??
emang sich saya apake 10pc.
tapi 1 pc aja mencoba untuk browsing sangat lambat..
saya lihat ping nya lanca2 saja. tapi koq lemot gini ya koneksiya???
kira² apanya yang salah ya mas??
jaringan nya atau komputer nya???
mohon informasinya ya mas..
thank's...

Unknown said...

Speedy family biasanya hanya u/ 1 pc aja. Coba bikin proxy server [linux ubuntu server]... bisa dibikin dari PC router [mhn pelajari], agar bandwidth lbh jozz...

Ryan Purnama said...

Mau tanya donk gan. Ane langganan fastnet uda lama pake paket yg 1.5 mbps yg sebulan 300an. Selama ini sih bagus2 aja tp belakangan ini inet ny jd lemot kalo bwt maen game online padahal ping ny normal2 aja. ane udah format ulang kompy jadi bebas virus. tp kabel ane bnyk kyk belokan2 gt gan? emang pengeruh yah?

Unknown said...

Pertnyaan yang bagus.. Mas Ryan.. Kualitas kabel jaringan atau merek, sangat pengaruh bos. Mohon diusahakan jangan terlalu banyak sisa kabelnya. Soal belokan tidak terlalu masalah, agar jangan terjepit atau terlipat. OS windows XP pasti lebih bagus, daripada windows 7, kalau soal pake kabel.

Unknown said...

Pake proxy atau pakai mikrotik ga yach? Kalau emang pake, silahkan tanya operatornya mengapa begitu.. terima kasih sudah berkunjung yach..

Unknown said...

Kalo server.. banyak banget faktornya. Kadang email-email spam, spyware juga masuk ke client, jadi lambat semua. Silahkan setting juga "user account" untuk memberikan pembatasan-penggunaan tiap client. Pangjang dech penjelasannya.. Makasih yach sudah berkunjung..

Unknown said...

Bentrok IP, agar jaringan overload. Dalam teknik hacking wireless, namanya flooding.. Hehehehe.. ketahuan kalau sering pake tehnik ini untuk cyberwar.. Makasih yah mbak Zazha..

Unknown said...

Nah lo... dah banyak kutu-kutu sama cacing kali.. Kalo di software.. Kok bisa.?.Nah, kalo hardware tampaknya ada masalah pada hardisk--misalnya udeh bad sector.. Ini cocok banget dengan poin 1 (komputernya emang udeh lambat).. Makasih dach dateng, trus ngasih komen...

Unknown said...

Mas Irfan.. Makasih juga dah blog walking sambil berburu backlink..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Syarifah Aini said...

mas badru tuh yg nomor 2 nyasar apa nyosor...?

Anonymous said...

mau tanya kang gimana mengatasi koneksi flexi yang lemot sk lep"an gt kadang ada sinyal tp lbh sering DC.hatur nuhun

donlot said...

thanks, info yg bagus

Unknown said...

Kalau saya banyak masalah ni mas .
koneksi saya lambat dan mau terputus-putus sendiri.
dan lagi pc billing saya penuh dengan virus .
Bagai mana solusinya mas ...
HELP ME !!!!

Unknown said...


ibnuwajak said...

pakai antena plus pigtail saja biar lancar, jika internetannya pakai modem

Yuliana said...

bang minta solusi dong
gimana nih kan pertama saya pakai tp-ling/ modem yang lama lumayan lancar internetnya nah sekarang , Lemot banget apa lagi di pc client nya tambah lemot ,,
bantu saran donk giman supaya cepat koneksinya

n apakah kalau modem nya miring itu berpengaruh terhadap koneksinya , dan apakah baik antena modem itu lurus apa bengkok'in aja

bregast said...

terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali, kata-katanya mudah dimengerti. Kunjungi juga 8 Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet