5 Rahasia Membeli Notebook Bekas


Boleh dibilang laptop atau notebook, sudah merupakan kebutuhan untuk para pekerja yang harus pergi dari satu kota ke kota lain. Apalagi kini sudah muncul notebook sangat ringan (ultra portable) dengan daya tahan terhadap benturan. Dari segi harga, notebook masih cukup mahal jika dibandingkan dengan komputer bisa. namun, karena notebook sudah menjadi kebutuhan bagi para pekerja, dapat dimiliki meski tidak harus membeli baru.

Tips membeli notebook ideal second :
  1. Anggaran. Tetapkan anggaran yang disediakan untuk membeli notebook. Harga notebook ini bervariasi, mulai dari Rp. 4 juta sampai Rp. 15 juta. Jenis notebook terbaru dari merek terkenal, misalnya bisa mencapai US$ 2500 karena telah dilengkapi seperti Intel Centrino.
  2. Merek. Merek-merek terkenal memang cukup mahal harganya. Namun menawarkan layanan purna jual yang berkualitas. Biasanya garansi notebook berlangsung 3 tahun sesuai dengan perputran teknologinya. Layanan ini sangat penting, karena notebook menuntut sistem reparasi khusus. Komponennya juga tidak mudah dibongkar pasang seperti layaknya desktop. Bila ditangani bukan ahlinya, bisa saja kerusakan notebook bertambah parah.
  3. Spesifikasi. Ini bisa dilihat misalnya dari jenis prosesor yang dipakai, besarnya memory hingga jenis kartu grafis (VGA). Jika sebuah notebook telah mencantumkan logo intel centrino, berati didalamnya sudah terkandung komponen khusus yang memungkinkan notebook mengakses data secara nirkabel. Hal ini juga berlaku jika ingin membeli notebook bekas. Perhatikan apakah layarnya memiliki banyak titik pixel yang mati atau tidak. Semakin banyak titik tersebut, maka artinya mutu notebook kian menurun.
  4. Daya tahan baterai. Percuma saja mendapatkan notebook bekas, dengan harga murah tapi. Baterainya hanya mampu berjalan 1,5 jam. Memang bisa saja membeli baterai baru, tapi harganya terbilang cukup mahal.
  5. Kelengkapan. Yang tidak kalah penting adalah CD driver dari notebook yang akan Anda beli. Seringkali notebook second tidak dilengkapi CD driver. Dari pengalaman pribadi beberapa produsen laptop "tidak bertanggung jawab" terhadap produk mereka. Ketika notebook perlu diinstal ulang, sedangkan CD Driver yang mudah rusak. Akhirnya perlu download driver. Malangnya situs vendor mereka sering tidak dapat diakses. Atau driver belum dalam database mereka. Padahal, driver sangat dibutuhkan (baca: Kinerja Maksimal dengan Driver Terbaru).

Sumber : Panduan Informasi Bisnis-Yellows Pages (diubah seperlunya)
Artikel update : 11 Jan 2016 

6 Responses to "5 Rahasia Membeli Notebook Bekas"

Anonymous said...

komentar??? hehehe...Conratulations!!! Give your comment, please

Anonymous said...

yupieee.....comment box succsess. Thanx techno juice

Anonymous said...

Saya pakai notebook Clevo dan kemarin baru download di situs mereka (http://www.clevo.com.tw)...nggak ada masalah tuh, semua driver bisa terdownload

Badru Zaman said...

Terimakasih atas kritiknya. Soal driver notebook AXIO yang nama aslinya "Clevo". Barangkali keberuntungan menyertai kamu. Hingga saat ini, saya mengalami kesulitan untuk mendownload driver2 AXIO. Beberapa kali saya mencoba selalu saja bertuliskan "Connection closed by server". Sekalipun hanya 1 driver wifi saya download, ternyata "2 hari" tidak cukup untuk mendapatkannya. Mestinya clevo lebih "bertanggungjawab" terhadap konsumennya. Terimakasih.

Aan Wahyudi said...

Artikel nya bgus gan, slm knal laptop bekas : greyfast.blogspot.com

Badru Zaman said...

Makasih. Dah kunjung balik. Blognya udeh di redirect ke boslaptop dot com yach..