Cara Perbaiki Komputer Rusak (Bagian I)

suntik tetanus dulu yuk, nak!
Ada banyak masalah trouble shooting pada komputer. Namun, yang terpenting, adalah sikap kita yang sabar dan mau tau kalau semua masalah itu 'keliatan.' Jadi ga perlu panik dulu. Kecuali jika berurusan dengan alam gaib yang ga keliatan dan ga kita ketahui.   ^_^
Kalau kamu sudah bisa membongkar-pasang, atau bisa merakit, ini adalah modal yang bagus untuk atasi masalah komputer kamu sendiri.  Berikut ini masalah komputer yang pake windows, yang biasa terjadi seputar PC.

Windows tidak muncul jendela atau rundll sytem32 error 
Tiba-tiba windows tidak bisa tampil, lalu di sana muncul "rundll sytem32 error" artinya komputer anda sudah error windowsnya. jadi perlu di install ulang windowsnya. Sebenarnya ada cara lain selain instal ulang yang memakan waktu berjam-jam. Anda bisa mencari WindowsXP live CD. CD ini dapat berjalan di windows XP tanpa hardisk. Singkatnya, kasus ini berarti windows kamu errror, karena mati yang tidak normal. Install ulang, jadi jalan alternatifnya.

No OS Found
Komputer anda tidak bisa menampilkan windows setelah "bios" tampilkan. Pada tampilan awal muncul "No OS found". Jangan panik, cek kabel harddisk (HDD) terutama kabel power. jika tidak bisa juga, bisa HDD komputer anda sudah error (bad sector). Kalau sudah begini serahkan komputer anda pada ahlinya. Jadi, tekan dulu kabel SATA atau kabel IDE dan kabel power. Jika ga bisa, ini ada masalah pada pengaturan transfer mode pada bios. Coba reset bios dahulu.
    Tampak Normal, tapi tetap tak mau tampil di layar
    Komputer anda hidup, akan tetapi tak ada tampilan sama sekali. Ini bisa jadi monitor anda bermasalah akibat TV tunner. Bisa juga salah satu kabel pada power supply (PSU) tidak terhubung. Atau besar kemungkinan motherboard pada komputer anda tersetting dengan posisi clear Cmos.

    Cara yang paling efektif, buka casing komputer anda, dan lepaslah kabel-kabel yang mengubungkan ke hardisk. Lihat apakah "bios" dapat dimunculkan?Jika "bios" masih dapat dimunculkan, besar kemungkinan komputer anda masih dapat tertolong.
    Yang lebih efektif, coba test dahulu pakai monitor yang lain. Barangkali, hanya kabel monitor saja yang sudah konslet.
    Namun, jika setelah pake monitor lain, CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kemungkinan VGA komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain.

    Bunyi beep berulang-ulang
    Bunyi beep yang normal, jika pertama kali dihidupkan, maka akan terdengar sekali (kalo speakernya juga masih waras). Namun, jika malah muncul berulang-ulang dengan jarak yang pendek, berarti ada masalah pada VGA. Kalo berulang-ulang bunyi beep, namun intervalnya lebih panjang, ada kemungkinan jelas pada RAM. 
      Mati Total. Tampak tak bernyawa sama sekali
      Komputer anda mati total. Wah...udah agak repot nih. lihat dulu kabel power apakah masih oke. Coba ganti dengan power supply yang lain. Ada kemungkinan kabel front panel juga sudah tua. Sehingga, saat menekan tombol power ga konek arus sama sekali. Komputer mati total setelah turun listrik atau mati lampu, biasanya ada gangguan pada power supply. Apalagi jika tidak memakai stabilizer atau UPS (penyeimbang arus).. TKP pertama ada pada power supply.

      Crash atau sering restart sendiri (gagal booting)
      Crash dapat terjadi karena software juga hardware. Kalau software, biasanya muncul seperti rundll system 32. Ada beberapa kali OS ingin masuk, tapi langsung crach. Lalu muncul crash hardware. Ini biasanya pada RAM konflik, VGA yang kurang tertekan pada slot, atau pada hardisk yang sudah mengalami bad. Masalahnya selalu seputar itu. Kurang daya, atau PSU sudah tua, juga bisa jadi masalah serius pada komputer yang menyebabkan crash. Sebab lain, pada settingan overclock yang terlalu tinggi juga bisa terjadi. Cara atasinya, reset bios dong..

      Hang. Atau sering berhenti sendiri
      Biasanya hardisk yang sudah tua. Lalu PSU yang kurang daya. Dapat juga virus yang sudah terlalu ganas menyerang, sehigga memori terbebani.  

      Flash disk tidak mau terbaca di USB
      Ada kemungkinan flashnya atau port USB-nya. Coba colok dulu flash disk di tempat lain. Kalau terbaca, barangkali masalah ada portnya. Nah, kalau tidak bisa, ada kemungkinan fisik dari flash disk sendiri yang sudah rusak.

      Oke.. segini dulu.. barangkali sedikit membantu.

      1 Response to "Cara Perbaiki Komputer Rusak (Bagian I)"

      rizan said...

      makasih infonya bung,mantep nich...

      blognya komplit,salam kenal.....