Cara Tuntas Menghapus Flipora dari Firefox

Flipora sangat membingunkan. Para analis memperikarakan, ia adalah malware atau spyware yang berusaha memaksa untuk bergabung pada sosial media tertentu. Namun, faktanya memang banyak yang memiliki kesimpulan, bahwa Flipora adalah social media juga.
Meski begitu, kita perlu waspada. Sebab Flipora selalu meminta login dengan akun Facebook. Artinya, sangat mungkin akun Facebook juga diambil-alih, bukan hanya 'search engine' semata. Ia lebih sering dikategorikan sebagai spammer.
Browser kamu sudah diambil alih Flipora? Berikut ini panduan bagaimana menghapus Flipora yang sudah bersarang pada browser Firefox kamu. Namun, sebelumnya, kamu perlu tahu, mengapa Flipora "membuat masalah"  pada banyak orang.

Pertama, cara-cara pemasaran Flipora yang mungkin kurang disukai. Ia masuk ke dalam email, lalu menyamar sebagai email dari teman kita (palsu), untuk bergabung bersama mereka yang seperti sebuah situs jejaring sosial. Setelah daftar, lalu mesin pencari Google, langsung dialihkan ke http://goodresults.flopora.com atau http://static.flipora.com/websearch.html . Wajah Flipora selalu muncul setiap browser digunakan, atau diambil alih, lalu digiring ke situs-situs tertentu.

Kedua, masalah "rekaman." Berhati-hatilah, sebab Flipora merekam segala aktivitas browser. Bisa jadi, ini merupakan malware, atau spyware yang tujuannya mengambil user dan password yang tersimpan dari browser kamu, lalu mengirimkan kepada "tuan-nya."

Ketiga, sistem integrasi. Flipora mengklaim, kalau dirinya sudah memilki izin untuk bekerja sama dengan Facebook. Namun, Facebook tidak bertanggungjawab, jika ada pelayahgunanaan para pihak. 

Berikut yang perlu dilakukan untuk menghapus Flipora dari Firefox secara tuntas (mohon perhatikan gambar):

  1. Putuskan koneksi internet. Cabut modem. 
  2. Bersihkan 'sampah' dari Firefox. Cookies, history dan seluruh password yang tersimpan dikosongkan terlebih dahulu. Buka [option] lalu [privacy] kemudian klik [clear your recent history]. Atau lebih praktis gunakan pembersih seperti CCleaner ( baca: Ulasan tentang CCleaner.com).
  3. Uninstall dari browser. Buka Firefox, lalu klik [Tools] ada tab [Flipora for Firefox ] lalu [uninstall].
  4. Berikutnya hapus dari 'Add-ons' Firefox. Buka [Tools] lalu [Add-ons] berikutnya [Extensions].. ada Flipora di sana, silahkan kamu [remove]. Restart browser. Tutup firefox, lalu buka kembali.
  5. Isafe Virus Removal Tool. Agar lebih bersih, salah satu pembuat anti-Virus menyarankan agar Isafe Virus Removal Tool gratis buatan Anti-virus YAC juga dipakai..(baca: Ulasan tentang Yet another Cleaner).  Anti Virus besutan dari Brazil ini sudah mendeteksi Flipora sebagai spyware dengan segala bahaya yang pernah ditimbulkan. Support untuk Win XP ke atas. 

Bentuk halaman Login Flipora: WASPADALAH !!!
    Mereka anak muda Flipora yang kreatif.  Tapi?
      Selamat mencoba. Silahkan beri komentar, jika ada kesulitan atau ada cara yang lebih baik dari cara ini. 

      Link pendukung :

      http://support.mozilla.org/en-US/questions/949572  

      1 Response to "Cara Tuntas Menghapus Flipora dari Firefox"

      Anonymous said...

      artikelnya sangat bermanfaat :)
      kemarin saya menerima email yang meminta konfirmasi follow. ketika saya klik salah satu linknya, saya dibawa ke alamat flipora. karena diminta alamat email dan password, tabnya langsung saya tutup. kemudian karena penasaran, saya googling dengan keyword 'flipora'. hasil pencarian paling atas adala flipora.com (web resmi flipora) dan langsung saya klik dengan niat biar dapat info dari web resminya. tapi ternyata setela saya klik langsung ada nama saya disana seolah2 saya punya akun flipora padahal saya tidak pernah memasukkan alamat email dan password saat diminta sebelumnya (kan tabnya langsung saya tutup).
      tentu saja langsung saya sign out karena saya tidak merasa punya akun tersebut.
      pertanyaannya, apakah hanya dengan mengklik link dari email tersebut data saya dapat dicuri? (mengingat saya tidak memberikan alamat email dan password saat diminta sebelumnya)
      maaf panjang, mohon pencerahannya dan terima kasih sebelumnya :)