Cara Update Maktabah Syamilah (Maktabah Shamela) Versi 3

Makatabah Syamilah (Shamela) sudah sangat dikenal di kalangan pesantren, akademisi dan cendekiawan muslim. Pasalnya, software ini merupakan gabungan beragam kitab, yang terkumpul dari beberapa disiplin ilmu. Sebut saja, ragam kitab yang dimaksud seperti: kitab tafsir, kitab hadits, kitab aqidah, kitab fiqih, kitab adab, kitab tentang matan hadis, masalah-masalah fikih, sejumlah kamus dan lain-lain. Tentu saja kehadiran software ini sangat mempermudah untuk pencarian referensi, karena software ini disadur dari pengarangnya langsung. Sebut saja sejumlah nama penulis kitab yang tidak asing lagi seperti; Qurtuby, Thabari, Syafi'i, Jalalain, Ibn katsir, Ibn Hajar al-Asqalani dan lain-lain, dapat mudah ditemukan hanya dengan menggerakkan mouse dan keyboard saja. Mudah, cepat dan sangat ekonomis, jika dibandingkan dengan biaya untuk membeli ratusan kitab-kitab klasik.
Selain itu, pembuat software tampaknya sangat ikhlas, jika software kitab buatannya dibajak atau digandakan. Hal ini terlihat dari link yang diberikannya untuk mengupgrade maktabah syamilah versi 3 (terbaru).

Seperti judul posting saya diatas, saya tidak akan membahas bagaimana cara menginstall software ini, terlebih cara membaca atau mengoperasikan. Bukan karena sulit, akan tetapi waktu dan tempat yang tidak memungkinkan membahas masalah ini. Saya anggap pembaca sudah memahami bahasa Arab, terlebih jika bisa baca kitab, yang akan memudahkan untuk mengoperasikannya. Baiklah, saya akan berbagi kepada pembaca yang budiman, untuk mendapatkan maktabah syamilah terbaru, dengan cara mengupgrade melalui tutor berikut ini:
  1. Pastikan maktabah syamilah versi 2 masih dapat dioperasikan.
  2. Tutuplah jendela maktabah syamilah yang Anda miliki.
  3. Download-lah file upgrade software versi 3 berikut. (klik disini)
  4. Ekstraklah file yang telah Anda download dengan cara meng-kliknya. File yang dimaksud bernama upgrade.exe.
  5. Setelah itu, akan muncul hasil dari file yang anda ekstrak tadi. Antara lain: bin, files, pdf, autorun dan _shamela. Lihat gambar dibawah ini;
  6. Klik file yang bertuliskan _shamela.exe.
  7. Tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya.
  8. Jika Anda belum berhasil, maka ulangi kembali mengklik file _shamela.exe. Kemudian cari dimana tempat instal (destination) maktabah syamilah versi sebelumnya. Disini Anda mencari patch dari syamilah library. Lihat pada gambar dibawah ini.
  9. Setelah itu Anda bisa mengulangi apakah maktabah syamilah sudah berhasil dengan meng-klik file _shamela.exe. Semoga bermanfaat.
Perbedaan Interface Maktabah Syamilah Versi 2 dan 3
Versi 2
New Version


30 Responses to "Cara Update Maktabah Syamilah (Maktabah Shamela) Versi 3"

abu faadhilah said...

Terima kasih infonya.. saya sangat terbantu...

Unknown said...

Sama-sama. terimakasih dah berkunjung

Blog Faozi said...

Kang saya minta tolong file setup.exe persi 2.11 saya kena virus dan itu berasal dari master syamilahnya yang saya dapat, jadi ga bis install. kalo bisa saya mohon dikirim file setup.exe tersebut ke e-mail saya : masrayaku@gmail.com. Sebelumnya terimakasih, jazakallahu.

Unknown said...

Makasih dah berkunjung..Insya Allah aku kirimkan filenya, dalam bentuk terkompress(zip)

abii said...

mAKASIH INFONYA, BERHARGA BANGET. Tp saya punya masalah, tulisan arab pada menu dan ayat al-Qur'an tidak tampil normal, malah kaya kode gitu. knp ya? Saya sangat butuh bantuannya

Unknown said...

# Abi
Untuk teks Arab, Saya rekomendaikan untuk menggunakan XP-Hak buatan Mesir (Egyptian Hak). Dijamin tidak akan ada masalah sedikitpun. Begitupun dengan software Arabic lainnya.

Selain maktabah syamilah, saya juga punya kutubuttis'ah (mausu'ah) , alfiah (1 CD), dan makatabah syamilah versi komplit (14 GB), dan Holy Qur'an (1 CD).

Untuk biaya pemesanan = ongkos ganti cd + biaya kirim nasional. Pengiriman akan dilakukan dengan travel, DHL atau FedEx. Maaf kami tidak pernah percaya lagi kepada PT POS Indonesia, yang telah menjarah 3 kali paket kami.

Kamu bisa menghubungi 0815-110-68-770

abu mujahid said...

assalamualaikum.....
numpang tanya..
kalau seandainya kita tidak memiliki syamilah versi sebelumnya, dan kita hanya menggunakan syamilah versi 3 (terbaru), bisa kan ? apakah syamilah ini bisa di instal menggunakan windows vista ????

Yahannu said...

Assalamualaikum...
Salam kenal dulu kang, Saya Ahmad dari Pasuruan JATIM.
Kang saya minta file setup.exe V2.11 juga dunk..Punyaku jg kjangkit virus :s. Mohon dikirim ke e-mail saya : basyaibha@gmail.com.
Jazakumuulloh khoiron katsiro wa ahsanal jaza'

Fakhree said...

Assalamualaikum,
Saya dah install mktabah2 syamilah dari link yg diberi di atas, tetapi setelah di install, saya dapati tiada sebarang kitab rujukan di sana, yang ada hanyalah untuk pencarian al-Quran, maka yang lainnya seperti kitab2 hadis, aqidah, tarikh dan sebagainya itu semua tiada. Bagaimana ya???

Anonymous said...

Fakhree.. saya kemarin juga kesulitan cariالضعفاء والمتروكين كتاب karya An-Nasa'i. Lalu download updatenya di sameela.ws, langsung kelar. Mungkin kamu ga komplit waktu ekstraknya. Oh iya... saya juga telah merampungkan modul praktek maktabah syamilah. Cocok bagi pemula. Tapi wajib bisa bahasa Arab. Ada yang berminat sebelum saya mengirim modul ini ke penerbitan? Tentunya saya minta ganti ongkos internet aja.. lebih lanjut, silahkan sms ke no hape saya. Satu lagi... Syamilah tidak support windows vista atau window 7

Fakhree said...

Jadi apa yg harus saya lakukan? Apkah saya prlu men-download kitab-kitabnya secara berasingan, kemudian di-ekstrak kedalam file maktabah? Kalau bgitu, apakah linknya supaya saya dapat mendownload kitab-kitab tersebut? Saya pakai windos XP Anamuslim, Alhamdulillah cocok. Butuh pertolongan, syukran ya akhee..

Fakhree said...

Lagi satu, selepas saya meng-upgrade, saya dapati munculnya مسار قواعد البيانات , setelah dicari foldernya (maktabah syamilah) tetapi masih lagi tidak boleh موافق nya, maaf ya akhee banyak menyusahkan kamu. Syukran..

Unknown said...

مسار قواعد البيانات jika muncul kata ini, biasanya searching ke arah library. Kadang juga merujuk ke syameela.exe. Dengan 14 GB Syamilah, seakan saya memiliki seluruh kitab yang pernah ada di dunia ini. Rujukan tafsir yang selalu jadi idola saya, juga gampang banget ditemukan. Jadi, kaum intelektual muda muslim, wajib punya software ini.
Saya siap hidmat ke seluruh pondok pesantren, jika ini dapat membantu kemajuan ummat. Tapi saya hanya menyanggupi di wilayah pulau Jawa saja, terutama Jateng dan Jatim. Saya dari salah satu PTN di Jogjakarta dan masih tinggal di tempat ini. Jadi, saya mohon keihlasannya untuk menjemput, atau memberi konfirmasi sejelas-jelasnya.

Anonymous said...

شـــــــكرا جــــــزيلا و جـــــــزاك الله أحــــــــسن الجـــــزاء

rudyn alfatih said...

شـــــــكرا جــــــزيلا و جـــــــزاك الله أحــــــــسن الجـــــزاء

هــــذا لا بد من عــــمل صـــالح

Anonymous said...

terima kasih

Agus Wahyudi said...

bang SMADAVnya gmn ni?

Unknown said...

Asslm. Maktabah Syamilah memang luar biasa membantu para intelektual maupun awam.. kita doakan agar yang membuat dan yang menyebarkannya mendapat pahala yang setimpal.amin.

mohon solusi saya sudah lama pakai maktabah syamilah. tp waktu sy apgrade laptop sy jadi win.7 64bit ternyata M.Symilahny g jalan..mohon solusinya secptnya krn memang lg dibutuhkan..sykrn dan maf merepotkan admin..ditunggu jwabnnya dan klo bisa jawabanya di email ke milki.aan@gmail.com. skali lg syukran.

wasslm.

Abu Abdillah said...

Assalamu'alaikum 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bisakah anda kasih tahu triknya supaya maktabah syamilah bisa dibaca di linux ubuntu / ubuntu sabily?

Soalnya sy sudah nyoba install, tapi hurup arabnya tidak nyambung, tidak seperti di windows,

Jazakallah atas bantuannya,

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Anonymous said...

jazakumullah...
sangat membantu dan bermanfaat
semoga menjadi amal shaleh

Anonymous said...

asslmualaikum....
kok gak detek ,foundnya..?
wkt aku klik tanda petunjuk "KLIK DI SINI.

Anonymous said...

Kalau cara supaya bisa jalan normal di ubuntu sabily, bisa apa tdk mas??

saya dah nginstal di sabily, cuma pas dibuka belum semuanya berjalan normal, tulisanya masih kacau, bisa dilihat disni:
http://aslibumiayu.wordpress.com/category/maktabah-syamilah/

Maulana Mufti said...

Buat di ubuntu sabily gimana dong cara instalnya?
saya sudah bisa nginstal baru sebatas ini, lihat di blog saya...

Ada yang bisa ngebantuin tidak yah?

http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/03/27/screenshoot-maktabah-syamilah/

Anonymous said...

saya mau install maktabah syamilah, os saya windows 7. bagaimana caranya?

Unknown said...

Pada windows 7, aktivasi bahasa Arab harus support dulu. hampir mirip dengan windows XP Egiptian hack. Kalau di Ubuntu, aq belum coba. Cara kamu sudah ok, hanya pada bagian settingan layout kiri-kanan, masih kacau yach

Anonymous said...

asslamu'alaikum...
mo numpang tanya, saya sudah menginstal maktabah syamilah tetapi menggunakan windows 7, setelah di instal, tampilan'a seperti kode, hanya tampilan di dekstopnya saja, untuk kitab-kitabnya bisa terbaca
gimana caranya untuk tampilan di sekstopnya itu normal menggunakan bahsa arab

Stream Everything said...

semua windows bisa dikasi maktabah syamilah......tinggal setting di control panel kemudia region and language....
pada tab yang ada keterangan unicodenya diganti saudi arabia... setelah itu restart....bisa dilihat hasilnya....

Anonymous said...

cr downlod makatabah syamila 14 gb gmn?? bs th link nya?

Unknown said...

Assalamu 'Alaikum. Para Kyai, Ustadz, da'i & pecinta ilmu
Kami tawarkan Produk-produk Baru kami :

(JIKA ANDA SANGAT BERMINAT NAMUN RAGU DGN INFO INI KARENA TAKUT PENIPUAN, ANDA BOLEH MEMBAYAR SETELAH ANDA MENERIMA BARANGNYA)

1. Software Murattal 30 Qiraah Sab’ah & ‘Asyr
Berisi software Murattal 30 Juz bacaan Al-Qur'an Qiroah 7 & 10 dgn 15 riwayat dari 20 riwayat yang pernah diajarkan Nabi SAW se...cara mutawatir sehingga boleh dibaca&diamalkan.
DILENGKAPI :
- kaidah ushul dan mushaf per-rowi
- biografi per-rowi
- kajian Mp3 qiraah sab’a & ‘asyr
BONUS :
- koleksi tambahan murattal qiraah sab’a & ‘asyr puluhan qori TOTAL 20 RIWAYAT LENGKAP MASING-MASING 30 JUZ
- Murattal 30 Juz dibaca dgn 20 riwayat langsung (jama' shugra) oleh Syaikh Thoha
- Tilawah & software belajar Tilawah bin Naghom
- Kitab-kitan Qiroah 7 & 10
- Kajian tajwid video
- Materi presentasi tajwid
- Software2 quran digital dan tajwid

Semuanya terkumpul dalam 6 keping DVD
MINAT ?????
Harga dan Infaq: Rp. 150.000 (gratis bea krm pulau jawa)
____________________

2. MAKTABAH SYAMILAH KUBRO 57 GB
Kini hadir MAKTABAH SYAMILAH dgn ukuran 57 GB (setelah diinstal) dalam bentuk flashdisk 16 GB
Dengan kelebihan:
- Transfer data lebih mudah & cepat
- Versi 3.51 terbaru
- Ukuran 57 GB (TERBESAR DI DUNIA)
- Berisi lebih dari 30ribu kitab
- Kelompok materi mencapai 145 bidang
- Mudah diinstall
- Telah melalui proses fahrosah, farz & fahsh
- Rata-rata sudah dikelompokkan muwafiq & ghoiru muwafiq lil mathbu’
- Dikelompokkan akidah asyary, salafy dan syi'ah serta bantahan-bantahan antara mereka
- Menu utama quran & tafsiruhu lebih banyak
- Dilengkapi panduan install, setting arabic, dan video tutorial pengoperasian maktabah Syamilah
- BONUS : Kamus Arab-Indo dan Munawwir serta software DVD Marji’ Akbar (tandingan syamilah)

MINAT ?
Harga & Infaq : RP. 250.000 (gratis bea krm pulau jawa)

TERSEDIA PULA MAKTABAH SYAMILAH 57 GB DALAM PAKET DVD ( Berisi 5 DVD plus 1 DVD Bonus ) DENGAN HARGA TERJANGKAU. HANYA Rp. 150.000
________________________

3. FLASHDISK THOLIBUL ILMI 16 GB
Berisi konten2 islami & umum spt :
- Maktabah Syamilah berisi 12.562 kitab
- Ribuan terjemah kitab2 spt kutub tis'ah, tafsir&brbagai materi islam
- Ratusan artikel & buku masalah khilafiyyah
- Ratusan artikel buku dan materi presentasi
- Ratusan fatwa-fatwa dan bahtsul masail
- Quran digital tajwid tafsir+4 qori pilihan,
- e-Pustaka Tholibul Ilmi ribuan artikel & buku ASWAJA
- Software berisi 42 kitab hadits lgkp dlm satu aplikasi,
- Software2 (tajwid, faraidl, zakat, peribahasa, kamus, antariksa, dll)
- kajian2 MP 3
- Murattal 30 juz 2 thoriq riwayat Hafsh (Syathibiyah & Thoyyibatun Nasyr)
- Video Belajar Bhs Arab lengkap
- Video2 ilmiah dan bahan prsentasi dl

Terkumpul dalam flashdisk 16 GB
MINAT ???
Harga & Infaq: Rp. 250.000 (gratis bea krm pulau jawa)

PRODUK-PRODUK KAMI :
1. DVD Murattal 30 Juz Qiroah Sab'a dan Asyr (6 DVD)
2. DVD Maktabah Syamilah 57 GB (5 DVD)
3. HDD External Tholibul Ilmi 500GB (Produk Unggulan kami)
4. HDD External Ulama 500 GB (Semua konten2 Bhs Arab)
5. HDD External Tholibul Ilmi Kubro 1000 GB (Kombinasi point 4 dan 5)
6. HDD Film Bhs Arab 500GB+program pelajaran Bhs Arab
7. Laptop Tholibul Ilmi Kubro 1000 GB
8. Laptop Tholibul Ilmi 500 GB (Konten Islami HDD siap pakai)
9. Laptop Tholibul Ilmi 320 GB
10. Netbook Tholibul Ilmi 320 GB (Konten Islami HDD siap pakai)
11. Flashdisk Tholibul Ilmi 16 GB
12. Flashdisk Tholibul Ilmi 32 GB
13. Flashdisk Ulama 16 GB
14. Flashdisk Ulama 32 GB
15. Flashdisk Qiroah Sab'a dan 'Asyr 16 GB
16. DVD Maktabah Ahlul Bait (Milik SYI'AH) plus bantahan2annya

INFO LEBIH LENGKAP & PRODUK-PRODUK LAIN : http://www.pustakatholibulilmi.blogspot.com/

Info/pemesanan hub: ABI QORI (Nur Chalim)
082119653966 / 085724347663 / 08174844161 / 08993400441
atau lgsg ke alamat kami ;
PP. Hidayatullah, Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 MULYOREJO - SURABAYA

Unknown said...

Semoga promosinya laku, dan bermanfaat bagi semua orang. Segala hal yang menyangkut iklan dari Pustaka Tholibul Ilmi, diluar tanggungjawab dari pengelola blog. Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan meramaikan komentar.