Tak Tik Blog

Judul : Tak Tik Blog
Penulis : Aulia Halimatussadiah & Angeline Anthony
Penerbit : Bukune
Edisi : Soft Cover
ISBN : 6028066214
Tgl Penerbitan : 2008
Bahasa : Indonesia
Halaman : 112 hlm
Ukuran : 13 cm x 19 cm

Ukuran buku ini tergolong buku saku (pocket book). Bentuknya kecil, simple, mudah dibawa tapi nyaman dibaca. Karena ditulis oleh dua orang gadis, maka corak penyajian bahasa dalam buku ini juga ala cewek banget. Rasa bahasa dari buku ini gaul banget. Gaya penyajian seperti ini memang tepat. Karena step by step langkah lebih mengalir, seiring lembar demi lembar. Dengan gaya canda ini, mampu mengajak pembaca mengikuti alur buku hingga tahap promosi blog. Meskipun begitu, Angle dan Olie (kedua penulis buku ini), tidak ngawur dalam bahasan.

Dari awal bab, pembaca dihantarkan kedua gadis ini dengan sabar, cara mendesain blog secara praktis dan singkat. Pembaca terlebih dahulu diarahkan untuk mengenal segala istilah blog yang lazim digunakan. Dengan begitu, tulisan akan lebih dekat di hati, dengan harapan lebih bisa dipahami segala istilah blog. 

Masih terkait dengan gaya bahasa buku ini. Seluruh gaya penyajian bahasa yang digunakan dalam buku ini, tidak memiliki unsur caci-maki. Ini penting, karena banyak kecendrungan blogger senior sekelas mereka berdua, selalu menyajikan tutorial—terlebih bentuk buku, dengan nada sedikit menekan dalam penyampaian. Pada akhirnya pembaca tampak bodoh, karena dipersilahkan.

Ketika buku masih terbungkus rapi, pembaca sudah dapat menebak, kalo buku ini adalah akan mengulas blogger dari platform blogspot (blogger.com). Bukan blog dengan basis Wordpress atau Blogdrive, Blogsome atau sejenisnya. Ternyata benar, sampul (cover) dan isinya sangat sesuai, bahasan dalam buku ini blogger banget.

Bisa dikatakan, sasaran buku ini terhadap pembaca cukup akurat. Komunitas blog di tanah air, lebih menyukai blogspot ketimbang wordpress. Alasannya sederhana, blogspot mudah di tak-tik—meminjam istilah Angle dan Ollie. Dari itu bahasan yang dijanjikan juga terbukti. Keduanya dapat mengantarkan pembaca untuk mencari desian baru bagi blog yang masih asli (default), guna menampilkan desian header yang berbeda. Lewat teknik photoshop CS3 ala mereka, hasil akhir dari desain header menjadi lebih cantik. Karena tahapan penyajian desain sangat singkat, sehingga tidak membingungkan pemula.

Sebelum sampai ke tahap ini—hampir mirip dengan semua buku blog—ulasan mengenai cara pendaftaran blog juga dibahas. Bagian ini memang tidak boleh dipisahkan dari sebuah buku bercorak tutorial. Terutama yang ditujukan bagi pemula. Karena tidak semua orang mampu loncat dari level basic blog, menuju level selanjutnya, tanpa melewati bab yang terletak di awal buku ini.

Blogger yang tergolong mahir, cenderung memilih jelajah blog lain, ketimbang harus membuka buku. Kenyataan ini belum tentu benar. Buku ini mengajak semua blogger untuk menemukan tips SEO (Search Engine Optimizer) dengan cara unik. Promosi blog lewat Friendster dan Facebook. Bagian ini ada sebagai penutup buku. Penasaran ingin mengetahui caranya SEO ala mereka berdua? 



5 Responses to "Tak Tik Blog"

Seting said...

Beli buku dimana dan berapa harganya mbak?

Unknown said...

Pertanyaan yang bagus sekali. Seperti yang tertulis, buku ini termasuk ringan dibaca. Bukan hanya pemula, tapi bloggerPro juga bisa mengambil trik unik dari buku ini. Kebetulan saya membelinya di Jogja. Harganya Rp.17.000,-. Mohon do'a-nya mudah2an buku saya yang seperti ini, akan cepat terbit. Terima kasih atas kunjungannya.

erbetia said...

bung admin,
saya pengguna blog.com

sudilah kiranya bung admin menurunkan artikel atau mengulas apa perbedaan antara wordpress.com, blogspot.com, juga blog.com.

maklumlah, saya awam. saya ingin belajar.

Unknown said...

Woooww...

I will try for anther..
Makasih dah kunjung, trus ngasih komen.. yach :)

kutang said...

Info Bulu Tangkis
Prediksi Skor Bola
TIKTOK VIDEO